Fungsi Tools dan Area Kerja Pada CorelDRAW

6:56:00 PM

Buat teman teman yang ingin belajar desain grafis ada baiknya kalian tau, apa saja software pembuat desain grafis. Salah satunya adalah software pembuat grafis vektor yaitu CorelDraw.
CorelDraw adalah software pembuat grafis berbasis vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Program ini biasa digunakan untuk proses visualisasi dalam bidang publikasi atau percetakan.

Berikut adalah gambar area kerja CorelDraw


Penjelasan dan Fungsi :

Toolbox
Toolbox adalah bagian dari area CorelDraw (biasanya disisi kiri) yang menyimpan berbagai Tools untuk menggambar memodifikasi objek, memberi warna dll.

Menu Bar
Menu Bar adalah sederetan tombol perintah yang memiliki fungsi berbeda - beda. Ada 12 menu yang terdapat pada Menu Bar yaitu : File, Edit, View, Layout, Arrange, Effect, Bitmaps, Text, Table, Tools, Window dan Help.

Toolbar
Toolbar adalah sederetan tombol shortcut untuk menjalankan perintah dengan cepat. Secara default / standar, Toolbar terletak dibawah Menu bar.

Drawing Window
Drawing Window adalah area berwarna putih yang berada di luar Drawing Page atau Kanvas Kerja, dibatasi oleh Scroll Bars disisi kanan bawah.

Property Bar
Property Bar adalah tombol - tombol yang memiliki fungsi tersendiri dan menyesuaikan diri dengan tool yang kamu pilih dalam Tool Box.

Rulers

Rulers adalah sebuah alat pengukur (penggaris) yang biasa terletak di sudut atas dan kiri pada drawing page, berfungsi untuk menunjukkan posisi dan ukuran objek yang kamu pilih.

Document Navigator
Document Navigator adalah tombol perintah yang berfungsi untuk menambah halaman. Terletak di sudut kiri bawah Drawing Window.

Drawing Page
Drawing Page adalah area kerja utama pada CorelDraw yang terletak di tengah - tengah Drawing Window seperti bingkai.

Status Bar
Status Bar adalah bagian yang berisi informasi mengenai objek (teks) seperti ukuran, bentuk, format, warna, outline, gambar, jenis huruf beserta ukurannya.

Color Palette
Color Palette adalah kumpulan warna yang biasa terletak di bagian kanan area kerja.

Itu tadi adalah penjelasan dan fungsi widow - window yang ada pada area kerja CorelDraw, sudah paham kan gaes ? Nah supaya lebih lengkap, gue bakalan ngasih penjelasan Tools pada Toolbox, yaitu jendela yang sering kita gunakan pada saat membuat suatu desain grafis.








Semoga bermanfaat bagi kawan - kawan yang ingin mempelajari software desan grafis ini. Selamat mencoba kawan.. Cheers !

Desainer Grafis yang tidak lulus masuk ITB jurusan DKV. Ingin menjadi penulis tapi tidak gemar menulis apalagi membaca. Kesehariannya penuh dengan deadline. Tolong.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Juju Onyols
Cakep!
December 11, 2014 at 4:37 AM delete

Buta banget maenin corel ini, yang banyak-banyak lagi ya tutornya.
Btw, headernya kece (y)

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
December 11, 2014 at 4:54 AM delete

Lah, lo bikin vector bukannya di corel ? :|
Wah kece'an header elo bro (y)

Reply
avatar
deo patra
Cakep!
October 23, 2016 at 10:50 AM delete

b0s mnt link buat download software corel draw

Reply
avatar

Silahkan bebas berkomentar :) promosi blog sendiri sangat dianjurkan! Tapi kalau SPAM gue delete langsung!
Jangan lupa pakai code || :jempol: :capek: :cemen: :cengengesan: :cium: :dadah: :jangan: :ketawa: :mangap: :manja: :marah: :matamuter: :metal: :nangis: :ngeden: :ngupil: :kaget: :sokeren: :takut: :tidur: :senyum: :mikir: :joget: :garing: :bijak: :hormat: :melet: :salam: || untuk memakai emoticon muka gue :v Thank you!