Tipografi Wajah menggunakan Photoshop

9:55:00 PM
Hello fellas, kali ini saya akan berbagi tutorial seputar Tipografi wajah dengan menggunakan Photoshop. Sebelum memulai, berikut link download gambar dan brush yang akan kita gunakan pada tutorial kali ini:
-Brushes Scrambled Letters 






1. Persiapkan gambar yang ingin dibuat tipografi wajah. Buka gambar tersebut di photoshop, dan secara otomatis, layer gambar tersebut menjadi layer 'background'. klik ganda pada layer 'background' untuk mengubahnya menjadi layer biasa, dan ubah nama layer tersebut menjadi 'face'.



2. Pada tutorial kali ini, kita hanya membutuhkan bagian wajah. Jadi crop gambar wajah menggunakan Pen tool (P).



3. Buat layer baru dan beri nama dengan 'background'. Kemudian, posisikan layer 'background' diposisi paling bawah. Tekan tombol Ctrl + D di keyboard untuk mengembalikan warna foreground-background menjadi hitam putih. Jika sudah, gunakan Paint Bucket tool untuk mengisi layer background menggunakan warna hitam.


4. Buatlah sebuah layer baru dan beri nama layer dengan 'tipografi'. Kemudian pastikan warna foreground adalah putih seperti gambar dibawah.


5. Setelah kamu mendownload dan menginstall Scrambled Letters brush di link diatas, maka sekarang ada banyak pilihan brush berupa kumpulan huruf-huruf yang bisa digunakan. Pastikan layer 'tipografi' aktif, dan mulai sapukan brush dengan menggunakan Brush tool (B) pada bagian wajah.



6. Ulangi menyapukan brush ke dokumen tapi pastikan brush yang disapukan berbeda-beda jenisnya sampai kumpulan brush telah dirasa cukup untuk membentuk sebuah wajah.


7. Jika sudah, tekan dan tahan tombol Ctrl di keyboard, kemudian klik pada thumbail layer 'tipografi' agar seluruh bentuk pada layer tersebut terseleksi.


8. Sementara seleksi aktif, klik layer 'face' untuk mengaktifkannya. Lalu tekan Ctrl + C (Copy) kemudian Ctrl + V (paste).


9. Langkah diatas menciptakan sebuah layer baru lagi bernama 'layer 1'. Sembunyikan (hide) layer 'face' dan layer 'tipografi' untuk melihat dengan jelas bahwa 'layer 1' adalah kumpulan tipografi yang membentuk suatu objek wajah seperti gambar dibawah.


10. Tapi kita belum selesai sampai disini, kita perlu membuat suasana lebih dramatis dengan membuat efek huruf-huruf yang keluar dari wajah, seperti terbawa angin. Untuk itu, buat sebuah layer lagi, beri nama dengan 'tipografi 2' sapukan beberapa Brush scrambled letters di samping wajah seperti pada gambar dibawah.


11. Klik ganda pada layer 'tipografi 2' untuk membuka jendela layer style. Pada jendela layer style, pilih gradient overlay dan atur settingan didalamnya seperti gambar dibawah. Langkah ini untuk membuat kumpulan huruf tambahan pada layer 'tipografi 2' mempunyai gradasi dari terang ke gelap sehingga menunjukkan kedalaman agar artwork terlihat lebih realistis.


12. Buat layer mask untuk 'Layer 1', caranya klik ikon layer mask di bagian bawah layer palette. Klik thumbnail layer mask di 'layer 1' kemudian buat bentuk acak seperti gambar dibawah ini dengan Pen Tool (P). Sementara Pen tool aktif, klik kanan pada area kerja, lalu pilih Make Selection untuk mengubah garis kurva menjadi seleksi. Jika sudah, isi area yang terseleksi dengan warna hitam. Langkah ini akan membuat bagian tersebut menjadi tidak kelihatan sekaligus menciptakan efek acak yang membuat artwork lebih dramatis.



13. Kamu bisa berimprovisasi menciptakan kesan acak melalui langkah diatas tadi. Semakin acak bentuk yang kamu buat, maka akan semakin kuat harmonisasi yang dikesankan dalam artwork.


14. Terakhir, kita masuk kedalam bagian pewarnaan. Buat sebuah layer baru diposisi paling atas layer-layer yang lain. Beri nama layer tersebut dengan 'warna'. Gunakan Gradient Tool (G) dan bukan Gradient editor. Pada Gradient Editor, atur settingan warna gradasi dari hijau ke orange seperti pada gambar dibawah.


15. Drag Gradient Tool (G) pada area kerja, kemudian ganti blending mode untuk layer 'warna' menjadi Color.


Hasil Akhir
Beginilah hasil akhir dari tutorial tipografi wajah di photoshop. Mudah-mudahan dapat bermanfaat dan bisa dikembangkan dengan kreasi artwork kamu sendiri.


Selamat Mencoba Fellas..

Desainer Grafis yang tidak lulus masuk ITB jurusan DKV. Ingin menjadi penulis tapi tidak gemar menulis apalagi membaca. Kesehariannya penuh dengan deadline. Tolong.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Hery Prasetyo
Cakep!
February 14, 2016 at 5:26 PM delete

Ternyata brush yah, haha tak kira nulis manual hurufnya.
Pernah liat di grup facebook :v

Reply
avatar
Terang Jaya
Cakep!
April 27, 2016 at 3:21 AM delete

keren.... :nangis: :joget:

Reply
avatar

Silahkan bebas berkomentar :) promosi blog sendiri sangat dianjurkan! Tapi kalau SPAM gue delete langsung!
Jangan lupa pakai code || :jempol: :capek: :cemen: :cengengesan: :cium: :dadah: :jangan: :ketawa: :mangap: :manja: :marah: :matamuter: :metal: :nangis: :ngeden: :ngupil: :kaget: :sokeren: :takut: :tidur: :senyum: :mikir: :joget: :garing: :bijak: :hormat: :melet: :salam: || untuk memakai emoticon muka gue :v Thank you!