Pengertian Vektor dan Raster

7:54:00 PM

Vektor dan raster/bitmap adalah suatu gambar yang memiliki sifat, format, ukuran yang berbeda dalam ruang lingkup desain grafis. Nah buat kalian nih para desainer muda hukumnya wajib, kudu, harus untuk mengetahui apasih itu vektor dan raster ?
Dalam artikel kali ini gue mau sharing tentang Pengertian Vektor dan Raster, karena dulu gue juga pernah belajar pengertian vektor dan raster ini sewaktu masih SMK jadi lumayan tau sedikit sedikit lah :D hehe

Vektor
Gambar Vektor merupakan gambar yang terbentuk dari sejumlah garis / kurva. Garis ini tidak tergantung oleh banyaknya piksel, sehingga apabila dilakukan pembesaran (zooming) tidak akan kehilangan detailnya, dan juga gambar tidak terlihat pecah atau kabur berbentuk kotak kotak (juggy). Nih contohnya :


Software pengolah gambar berbasis vektor ini adalah CorelDraw, Freehand, Adobe Illustrator. Biasanya penggunaan gambar berbasis vektor adalah untuk kepentingan publikasi percetakkan, logo suatu perusahaan yang membutuhkan tingkat kedetailan yang tinggi. Namun kekurangan dari gambar vektor ini adalah warna yang kaku dan tidak natural sehingga kurang cocok untuk proses pengeditan foto.

Raster / Bitmap
Gambar Raster / Bitmap merupakan gambar yang terbentuk dari titik - titik atau piksel. Grafis ini tergantung oleh banyaknya piksel sehingga apabila dilakukan zooming / pembesaran, akan terlihat kotak - kotak piksel dari gambar tersebut. Nih contohnya :


Software pengolah gambar berbasis raster ini adalah Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, Microsoft Office Picture Manager. Biasanya penggunaan gambar berbasis raster / bitmap ini adalah untuk pengeditan foto, pembuatan ilustrasi yang bersifat raster. Sebenarnya bisa juga untuk proses percetakkan namun dalam skala besar lebih baik menggunakan vektor kenapa ? karena apabila menggunakan raster harus memerlukan penyimpanan data yang lebih besar dibandingkan dengan gambar berbasis vektor. Kelebihan dari gambar raster ini adalah warna yang natural sehingga sangat dianjurkan untuk pengeditan foto. Satuan untuk ukuran grafis jenis bitmap adalah dpi (dot per inch) yang artinya banyaknya titik dalam satuan inci.

Nah itu tadi pengertian dari Vektor dan Raster. Semoga bermanfaat untuk gaes gaes dialam luar sana yaa, khusus nya buat yang dikasih tugas sama gurunya hehe..

Desainer Grafis yang tidak lulus masuk ITB jurusan DKV. Ingin menjadi penulis tapi tidak gemar menulis apalagi membaca. Kesehariannya penuh dengan deadline. Tolong.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
December 11, 2015 at 6:31 AM delete

Pak bos mw tanya kalo menghilangkan raster dari gambar yg dibuat dari coreldraw gimana ya?

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
December 12, 2015 at 11:47 PM delete

Waduh maksudnya gimana bos? ane kurang nangkep nih pertanyaannya :kaget:

Reply
avatar
Esti Vani
Cakep!
January 12, 2016 at 12:51 AM delete

Boss boleh minta id line gak? Biar ga ribet klo mau nanya" soalnya gua juga pengen banget belajar editing foto

Reply
avatar

Silahkan bebas berkomentar :) promosi blog sendiri sangat dianjurkan! Tapi kalau SPAM gue delete langsung!
Jangan lupa pakai code || :jempol: :capek: :cemen: :cengengesan: :cium: :dadah: :jangan: :ketawa: :mangap: :manja: :marah: :matamuter: :metal: :nangis: :ngeden: :ngupil: :kaget: :sokeren: :takut: :tidur: :senyum: :mikir: :joget: :garing: :bijak: :hormat: :melet: :salam: || untuk memakai emoticon muka gue :v Thank you!