Tutorial Cara Membuat Vector Hijab PEMULA | Part 3

3:24:00 AM

Assalamu'alaikum.

Hai teman-teman. Di artikel kali ini kita akan melanjutkan tutorial Cara Membuat Vector Hijab part ke 3 atau part terakhir.

Iya, iya saya tau kok, kalian pasti marah, ngamuk-ngamuk seperti emak-emak yang kehilangan Tupperware nya karena update artikel tutorial part terakhir ini lamaaaa sekali. Padahal update video nya sudah beberapa bulan yang lalu. Sekali lagi saya mohon maaf atas kemageran ini.

Yang penting videonya gak telat update, kan? Makanya Subscribe channel youtube saya! Wkwkwk.




Oke di tutorial vector hijab terakhir ini kita akan menggarap bagian hijab dan bajunya sekaligus. Daripada kebanyakan basa-basi, mending kita langsung aja ke step-by-stepnya, yuk!


Nah kemarin kita sudah sampai pada tahap membuat skin wajah seperti pada gambar di bawah ini ya.


Langkah selanjutnya kita akan membuat shape kerudungnya dulu menggunakan pentool seperti di bawah ini.


Kemudian ubah posisi shape nya ke belakang vector, caranya seperti biasa dengan menekan Ctrl + End lalu Ctrl + PgUp.

Lalu buat shape outline nya menggunakan contour tool dengan ukuran yang sama seperti outline wajah. Tekan Ctrl + K untuk memisahkan shape contour, kemudian lanjut ke tahap pembuatan line art dari lekukan hijab.


Setelah line art nya selesai, lanjut ke pembuatan shading hijabnya. Di sini kita mulai dari shading paling gelapnya terlebih dahulu.


Nah biasanya saya langsung mencari warna dasar dari hijab nya menggunakan eyedropper tool. Kemudian ambil sampel warna dari foto aslinya lalu tumpahkan ke shape hijab nya.



Setelah mendapat warna dasar hijab, kita aplikasikan ke shape shading gelap yang sudah kita buat sebelumnya kemudian tekan kotak warna yang berada di bawah workspace, maka akan muncul jendela warna. Nah disitu kita bisa ubah warna nya menjadi agak gelap dari warna dasar.



Kalau sudah kita bisa lanjut ke pembuata highlight hijabnya seperti di bawah ini.


Kemudian lakukan langkah seperti sebelumnya tapi kali ini gesernya ke atas.



Jangan lupa untuk memberi warna outline hijabnya dengan warna baseline dan hapus outline warna kuningnya.

Hasil sementara.


Sekarang kita lanjut ke tracing bajunya. Langkah awalnya masih sama seperti tadi, kita bikin bidang bajunya terlebih dahulu > Ubah posisinya dengan cara tekan Ctrl + Home dan Ctrl + PgUp > Buat outline menggunakan contour tool > Ctrl + K untuk memisahkan bidang awal dengan hasil contour > Pembuatan line art.




Kemudian lanjut ke pembuatan shading gelapnya terlebih dahulu > Tentukan warna dasar menggunakan eyedropper tool lalu ubah warnanya menjadi agak gelap dari warna dasar > Pembuatan Shape Highlight > Ambil sampel warna dasar lalu ubah warnanya menjadi lebih terang dari warna dasar > Jangan lupa outlinenya diberi warna baseline > Hilangkan semua outline warna kuning.



Tinggal tambahkan background dan selesai!





Akhirnya tutorialnya kelar juga, nah untuk lebih jelasnya kalian bisa tonton tutorial versi videonya di bawah ini, ya. Jangan lupa Subscribe!




Oke mungkin segitu dulu untuk tutorial Cara Membuat Vector Hijab di CorelDRAW kali ini. Semoga bisa bermanfaat buat kalian terutama para Buruh Grafis atau Vectorist pemula.

Wassalamualaikum.

Cheers!


N.b : Arisan blog adalah kegiatan rutin Blogger Banjarmasin khususnya anggota PBB (Pena Blogger Banua) yang dilakukan setiap bulannya. Di mana setiap peserta atau anggota yang ikut, wajib membuat artikel tentang blog atau memasukkan link blog yang terpilih dari arisan blog itu sendiri.

Jangan lupa juga kunjungi Website Karya Anak Banua badangsanak.com yang merupakan produk dari PBB. Baca semua artikel-artikelnya yang pastinya seru dan anak muda banget!

Seniman yang tidak lulus masuk kuliah jurusan DKV.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
ASTraveller
Cakep!
May 11, 2019 at 3:40 AM delete

Salam kunjungan dan follow sini ya :)

Reply
avatar

Silahkan bebas berkomentar :) promosi blog sendiri sangat dianjurkan! Tapi kalau SPAM gue delete langsung!
Jangan lupa pakai code || :jempol: :capek: :cemen: :ngakak: :cium: :dadah: :jangan: :ketawa: :mangap: :manja: :marah: :matamuter: :metal: :nangis: :ngeden: :ngupil: :kaget: :sokeren: :takut: :tidur: :senyum: :mikir: :joget: :garing: :bijak: :hormat: :melet: :salam: || untuk memakai emoticon muka gue :v Thank you!