Tutorial Cara Membuat Vector Hijab PEMULA | Part 1

10:35:00 PM


Assalamualaikum.

Halo teman-teman, selamat datang di Blog Favoritmu para Otodidakers! Anjay, sebutan baru nih buat kalian yang belajar desain secara otodidak, hahaha.



Akhirnya saya bisa bikin tutorial vector untuk pemula lagi. Kali ini sesuai judulnya, kita akan belajar membuat Vector Hijab cewe (yaiyalah, masa cowo) menggunakan software CorelDRAW X7.

Ini adalah tutorial yang lumayan banyak di-request sama teman-teman otodidakers, soalnya banyak yang kurang paham di bagian nge-vector hijabnya. Padahal proses bikinnya sama kayak bikin baju, celana dll.

Tapi, berhubung saya belum pernah bikin tutorial vector hijab juga, jadi saya buat ini spesial untuk kalian. Saya juga bikin versi videonya nanti bisa dicek di youtube saya ya teman-teman.

Di artikel part 1 ini kita akan membuat area T nya terlebih dahulu yaitu bagian mata, hidung, dan mulut. Untuk bahannya sendiri kalian bisa langsung download di link di bawah ini.

https://drive.google.com/file/d/1vxxDCjQdBKOfeVvHDQPVV0qqmce69vQ3/view?usp=sharing
Model

http://bit.ly/bahanvectorhijab
Palette Color

Itu sudah termasuk palette color-nya ya jadi kalian tinggal siapkan CorelDRAW X7 nya saja. Oke kita langsung masuk ke tutorialnya.

Langkah pertama kalian bisa masukin foto cewe hijab cantik ini (tapi wajahnya lebih ke Ummi-an) dan palette color-nya ke area CorelDRAW dengan cara klik menu File > Import kemudian pilih fotonya atau dengan Drag (tarik) kedua fotonya ke area lembar dokumen.


Jika sudah masuk, langkah selanjutnya kita akan memunculkan Document Palette dengan cara pilih menu Window > Color Palettes > Document Palette. Gunanya adalah untuk merekam warna apa saja yang ada di lembar dokumen kita yang nanti akan mempermudah dalam hal pewarnaan.


Lalu kita atur outline color defaultnya menjadi warna kuning dengan cara klik kanan pada warna palette kuning. Maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini, langsung klik OK saja teman-teman.


Nah kalau sudah kita bisa lanjut ke tahap tracing. Untuk tools nya disini saya menggunakan Pen Tool. Kalian bisa menggunakan tools yang lain seperti Bezier atau 3 Point Curve, tapi untuk pemula saya sarankan menggunakan Pen Tool saja.


Untuk bagian mata, kita akan membuat line art terlebih dahulu. Kalian bisa mengikuti bentuk tracingnya seperti di bawah ini.


Lalu kita akan mewarnainya menggunakan Eyedropper Tool. Pick warna base line dari palette color kemudian tumpahkan ke semua shape line art yang sudah kita bikin tadi dan hilangkan outline kuningnya dengan cara klik kanan di palette color yang tidak ada warnanya,



Langkah selanjutnya adalah pembuatan alis. Untuk alis ini tidak perlu terlalu detail, yang penting rapih dan simple seperti di bawah ini.


Jika sudah semua line artnya maka tahap selanjutnya adalah pembuatan bola matanya. Pertama kita buat dulu shape bidang matanya, kemudian pindahkan posisi shape itu tepat di atas foto dan di bawah semua shape yang sudah kita bikin tadi dengan cara tekan Ctrl + End lalu Ctrl + PgUp sekali.


Lanjut kita akan membuat bagian iris matanya yang berwarna hitam itu menggunakan Ellipse Tool. Jangan lupa untuk menekan tombol Ctrl agar lingkarannya proporsional.


Kalau sudah seleksi antara shape lingkaran dengan shape bola matanya sambil menekan tombol shift. Lalu pada bagian property bar akan muncul Menu Shapping. Pilih Intersect untuk menduplikasi shape dari hasil singgungan.


Jangan dihapus dulu lingkaran awalnya karena bakal kita pakai untuk membuat bagian pupilnya, gaes. Pastikan posisi masih di posisi awal kemudian perkecil ukurannya sambill menekan tombol Shift agar bertumpu di tengah kurang lebih seperti gambar di bawah ini.


Lalu kita bisa Intersect lagi lingkarannya dengan shape hasil intersect sebelumnya. Kemudian kita perkecil lagi lingkarannya untuk membuat titik mata dan jangan lupa buat juga hasil refleksi cahaya yang ada di matanya.



Lanjut ke tahap pewarrnaan menggunakan Eyedropper Tool.


Hilangkan outline kemudian beri sedikit transparansi untuk lingkaran berwarna biru menggunakan Transparency Tool.


Langkah selanjutnya adalah pembuatan shading untuk bagian bola matanya. Untuk tekniknya masih sama menggunakan teknik intersect jadi disini saya cuman menampilkan posisi mana saja yang harus kalian intersect dan warna apa saja yang digunakan.


Nah sementara kita sudah selesai di bagian mata, kalau sampai tahap ini kalian sudah paham berarti untuk mata sebelahnya kita skip aja, ya. Kita akan lanjut ke bagian hidung dan mulut.

Untuk hidung di tahap ini kita hanya membuat line art-nya saja kira-kira bentuknya seperti di bawah ini.


Jangan lupa untuk diwarnai menggunakan warna base line, ya.

Lanjut ke bagian bibir, nih. Nah untuk bagian bibir kita cuman membuat line art antara bibir atas dan bibir bawah, jadi kira-kira bentuknya seperti ini.


Warnai dengan warna base line. Lanjut ke pembuatan shape bibirnya, buat sesuai bentuk bibirnya ya, gaes. Kalau sudah kita pindah posisi dengan menekan Ctrl + Home dan Ctrl + PgUp sama seperti tadi.


Lalu, kita akan lanjut ke pembuatan shading. Disini saya akan menampilkan posisi shading dan warnanya saja, ya. Karena tekniknya masih sama seperti sebelumnya yaitu menggunakan menu Intersect.


Hilangkan semua outline-nya dan part 1 sudah selesai!

Hasil sementara.


Untuk yang lebih jelasnya kalian bisa tonton versi video di bawah ini, ya.



Semoga tutorial ini bermanfaat dan nantikan tutorial part #2 nya. Biar gak ketinggalan bisa subscribe youtube saya terus nyalain notifikasi loncengnya, oke?!

Wassalamu'alaikum.

Cheers!



N.b : Arisan blog adalah kegiatan rutin Blogger Banjarmasin khususnya anggota PBB (Pena Blogger Banua) yang dilakukan setiap bulannya. Di mana setiap peserta atau anggota yang ikut, wajib membuat artikel tentang blog atau memasukkan link blog yang terpilih dari arisan blog itu sendiri.

Jangan lupa juga kunjungi Website Karya Anak Banua badangsanak.com yang merupakan produk dari PBB. Baca semua artikel-artikelnya yang pastinya seru dan anak muda banget!

Desainer Grafis yang tidak lulus masuk ITB jurusan DKV. Ingin menjadi penulis tapi tidak gemar menulis apalagi membaca. Kesehariannya penuh dengan deadline. Tolong.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar

Silahkan bebas berkomentar :) promosi blog sendiri sangat dianjurkan! Tapi kalau SPAM gue delete langsung!
Jangan lupa pakai code || :jempol: :capek: :cemen: :ngakak: :cium: :dadah: :jangan: :ketawa: :mangap: :manja: :marah: :matamuter: :metal: :nangis: :ngeden: :ngupil: :kaget: :sokeren: :takut: :tidur: :senyum: :mikir: :joget: :garing: :bijak: :hormat: :melet: :salam: || untuk memakai emoticon muka gue :v Thank you!