6 Tips Menjadi Seorang Desainer Grafis Pemula

6:34:00 AM



Halo, perkenalkan nama saya Rizqi Alam, seorang blogger yang sudah lama tidak update blog-nya.

Apasih...

Hai teman-teman, lama tidak berjumpa. Halah...

*Kalimat pembuka ini hanyalah untuk menambah suku kata di dalam artikel ini, haha!

Anyway, di artikel kali ini saya ingin berbagi Tips Menjadi Seorang Desainer Grafis Pemula ala Rizqi Alam. Jadi tips ini bersifat subjektif karena merujuk pada pengalaman pribadi saya sendiri di bidang ini, makanya mohon maaf kalau isinya agak aneh, ya.



Menurut Wikipedia, Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.

Kalau menurut saya, desain grafis adalah hal yang sudah melekat sekali di kehidupan kita sehari-hari. Contohnya ketika kita bangun tidur, hal yang pertama kali kita lakukan adalah melihat jam, bukan? Nah, jam itu terbuat dari beberapa bagian termasuk juga dengan visual yang ada di dalamnya. Angka dan gambar di dalam jam tersebut disebut dengan desain grafis (kecuali kalau jam di rumah kalian polos, ya).

Terus, pakaian yang kalian pakai sehari-hari, entah itu bermerk Supreme, LV, Gucci, DAGADU, dst. Desain dan motif pakaian itu semua adalah desain grafis.

Sedangkan orang yang membuat desain grafis itu dinamakan Desainer.

Jadi, kesimpulannya desain grafis itu.. ya gitu. Maka dari itu, buat kalian yang ingin memulai / berkecimpung di dunia desain grafis ini, ada baiknya untuk tidak membaca tips-tips menjadi seorang desainer grafis pemula ala Rizqi Alam berikut ini:

1. Niat


Menurut saya segala sesuatu mau itu pekerjaan atau hal apapun harus diawali dengan niat. Menjadi seorang desainer grafis bukanlah hal yang instan, yang baru sekali lihat tutorial langsung bisa semuanya, nggak!
Saya pribadi sudah berkecimpung sejak tahun 2013 (zaman masih SMK) dan sampai sekarang tahun 2018 saya masih merasa skill dan knowledge saya masih ada yang kurang. Intinya sih, kalau kalian memang ingin terjun menjadi desainer grafis jangan ada kata ragu dan pastinya kuatkan niat.

Kalau terjun dari tebing itu baru boleh ragu, tapi kalo bisa jangan, ya. Bahaya!



2. Harus Bisa Menggambar Manual?


Kalau ditanya apakah seorang desainer grafis harus bisa gambar manual? Jawaban saya adalah iya, tapi nggak harus. To be honest, saya sendiri nggak jago banget gambar manual, tapi saya bisa membuat hasil gambar manual saya yang kalau bahasa halusnya.. Hancur! itu, menjadi sebuah desain digital yang lebih sempurna. Di sini yang diperlukan adalah skill dalam mengaplikasikan softwarenya.

Kesimpulannya adalah menjadi seorang desainer grafis nggak harus jago gambar manual, tapi akan lebih sempurna kalau kalian jago di hal tersebut karena itu basic dari desain grafis itu sendiri.

3. Menguasai Software Pengolah Desain Grafis


Menguasai software desain adalah hal yang sangat penting sekali, minimal tau dasar-dasar tools dan kegunaannya lah. Untuk seorang desainer grafis pemula minimal software yang harus dikuasai ada 2, yaitu Adobe Photoshop (pengolah gambar bitmap) dan Adobe Illustrator / CorelDRAW (pengolah gambar vector). Karena dengan menguasai kedua software itu kalian sudah bisa membuat kebutuhan desain grafis secara umum.

Untuk tutorialnya sendiri kalian bisa cari di Youtube ataupun di blog seperti blog saya ini, hehe.

4. Referensi


Ketika kita sudah menguasai software desain grafis maka hal yang harus kita kembangkan lagi yaitu Sense of Design / selera desain kita. Maka dari itu kita harus memiliki referensi yang baik dalam membuat desain.

Misalkan seperti membuat poster. Bagi desainer pemula yang belum memiliki referensi desain pasti akan kebingungan dengan konsep yang akan dibuatnya, hasilnya pun pasti bakalan flat dan tidak menarik untuk dilihat. Beda halnya dengan desainer yang sudah memiliki referensi desain yang banyak sehingga sudah memiliki sense of art yang baik maka poster yang dibuatnya pun pasti akan bagus karena mereka mempunyai acuan dan selera yang sama dengan referensi yang mereka lihat.

Untuk sumber referensi desain sendiri bisa kita dapatkan dari buku-buku desain grafis, atau dengan melihat desain spanduk dan banner di jalan. Tapi karena saya orangnya jarang keluar rumah, males kehujanan dan kepanasan (anjay) biasanya nyari referensi di situs-situs portfolio seperti:
Ngomong-ngomong follow instagram saya, ya! @alamcreative & @rizqialam


5. Join Komunitas



Pendidikan desain tidak melulu harus didapatkan dengan jalur formal, kadang dengan bergabung ke komunitas kita bisa memperkaya diri kita dengan ilmu-ilmu baru yang diberikan oleh senior atau teman-teman di komunitas itu sendiri. Selain menambah ilmu kita juga bisa memperluas relasi dan connecting dengan beberapa orang penting di sana, syukur-syukur kalian bisa diajak project bareng. Maka dari itu, ikut komunitas atau kelas-kelas workshop perlu banget buat seorang desainer pemula.

6. Konsisten


Balik lagi ke poin pertama, kalau kalian ingin menjadi seorang desainer maka harus ada niat yang kuat dan konsisten mengerjakannya. Jangan baru setengah jalan belajar, eh udah males buat belajar lagi dengan berbagai macam alasan. Tidak ada yang instan di dunia ini, kudu ada prosesnya. Karena tidak instan dan butuh proses itulah yang membuat kita kuat berada di posisi ini.

Apalagi sekarang perkembangan teknologinya sangat pesat, kalian bisa dengan mudah mengakses tutorial desain grafis di youtube atau blog, tapi kalau tidak dibarengi dengan poin yang di atas tadi ya sama aja bo'ong.

Nah, kira-kira tips itu aja sih yang pengin saya sharing ke kalian. Mohon maaf apabila ada kata yang kurang dimengerti, semoga bermanfaat dan menjadi motivasi buat saya sendiri dan kalian yang baru aja memulai karir ataupun hobi di bidang desain grafis , ya!

Salam kangen,

Rizqi Alam
Blogger jarang update

Cheers!


Image source : unsplash.com


N.b : Arisan blog adalah kegiatan rutin Blogger Banjarmasin khususnya anggota PBB (Pena Blogger Banua) yang dilakukan setiap bulannya. Di mana setiap peserta atau anggota yang ikut, wajib membuat artikel tentang blog atau memasukkan link blog yang terpilih dari arisan blog itu sendiri.

Jangan lupa juga kunjungi Website Karya Anak Banua badangsanak.com yang merupakan produk dari PBB. Baca semua artikel-artikelnya yang pastinya seru dan anak muda banget!

Desainer Grafis yang tidak lulus masuk ITB jurusan DKV. Ingin menjadi penulis tapi tidak gemar menulis apalagi membaca. Kesehariannya penuh dengan deadline. Tolong.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

10 komentar

Write komentar
July 20, 2018 at 9:27 PM delete

keren nih, ajari aku lam jadi disainer grafis.
niat sudah ada, gambar gunung bisalah,haha :senyum:

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
July 20, 2018 at 10:30 PM delete

Gunung aja belum cukup bro, kudu ada rumah, sawah, jalanan dan matahari di tengah-tengah nya :ngakak:

Reply
avatar
Fatimah Aqila
Cakep!
August 8, 2018 at 8:35 AM delete

Mantap lam tipsnya, aku udah lama pengen belajar desain. Keknya asik aja gitu berkutat sama desain-desain yang bisa dikatakan suka-suka kalian sesuai imajinasi kecuali permintaan klien yang gak bisa sesukanya.

:ngakak

Reply
avatar

Silahkan bebas berkomentar :) promosi blog sendiri sangat dianjurkan! Tapi kalau SPAM gue delete langsung!
Jangan lupa pakai code || :jempol: :capek: :cemen: :ngakak: :cium: :dadah: :jangan: :ketawa: :mangap: :manja: :marah: :matamuter: :metal: :nangis: :ngeden: :ngupil: :kaget: :sokeren: :takut: :tidur: :senyum: :mikir: :joget: :garing: :bijak: :hormat: :melet: :salam: || untuk memakai emoticon muka gue :v Thank you!