#Ngebahas Digital Collage Art

7:19:00 PM
Halo!

Udah lama banget gue gak nulis blog, ada kali setahun. Hahaha. Oke, gue nggak bakal beralasan klise layaknya blogger-blogger kebanyakan tapi yang terpenting adalah bahasan gue di postingan kali ini.

Sedikit cerita kalau sekarang di Banjarmasin sudah terbentuk komunitas digital artist namanya Banua Digital Artist. Komunitas yang di dalamnya berkumpul para penggiat seni digital regioal Kalimantan Selatan. Awalnya sempat ragu karena antusiasme anak muda di kota gue ini cenderung sedikit. Tapi karena temen gue Dinur yang kekeuh banget akhirnya doi langsung bikin tanpa pikir panjang. Dan akhirnya sampai sekarang jumlah anggota kami malah semakin banyak. Benar-benar di luar ekspektasi.

Nah, di komunitas ini gue banyak banget dapat ilmu karena setiap minggunya diadakan semacam materi dan diskusi. Mulai dari ngebahas vector, digital painting, wpap, ilustrasi, collage art, sampai ngebahas mantan. Yang terakhir gue nggak ikut-ikutan.

Maka dari itu gue juga mau ngebahasnya di sini. Kan lumayan, dapet bahan buat ditulis di blog yang hampir kadaluarsa ini :( *ngumpetdipojokan*

Well, kalian sendiri tau nggak sih Collage Art itu apa?


Collage Art atau Seni Kolase merupakan komposisi artistik dari berbagai bahan seperti kertas, kain, kaca, logam dan lain sebagainya yang kemudian disusun dan ditempel di permukaan gambar sehingga terbentuklah sebuah seni kolase.

Nah bedanya dengan Digital Collage Art adalah media pengolahannya. Sesuai dengan namanya Digital Collage Art ini dibuat secara digital menggunakan beberapa software pengolah grafis seperti, Photoshop, Coreldraw, Illustrator, dll.

Pada dasarnya Collage Art ini masuk dalam aliran seni kontemporer (aliran seni post-modern). Karena setiap komposisi yang dihasilkan bebas tidak terikat pada aturan grid, penyajian warna dan sebagainya. Jadi pada umumnya Collage Art ini bertujuan untuk menyampaikan ekspresi si pembuatnya.

Sumber : Pinterest

Collage Art terbagi menjadi 3 kategori:

1. Collage Art Estetika

Kategori Collage Art Estetika dibuat secara serius dan bertujuan untuk menyampaikan estetika, eskpresi si pembuatnya. Semua komposisi, material dan konten diracik sedemikian rupa agar terlihat cantik dan mempunyai sense of art. Memang sebagian besar seni kolase ini memiliki pesan tersendiri, tapi ada juga yang hanya sebagai pelampiasan imajinasi si pembuat.

2. Collage Art Fungsional

Nah pada Collage Art Fungsional ini si pembuat lebih mengedepankan fungsi dan pesan dalam karyanya. Contohnya seperti pengaplikasian seni kolase pada poster. Si pembuat pasti akan memasukkan semua elemen gambar yang ada kaiannya dengan isi poster tersebut. Semua ditata rapih agar orang-orang yang melihat posternya mengerti apa yang ingin disampaikan si pembuat.

3. Collage Art Campuran

Sesuai dengan namanya seni kolase kategori ini adalah campuran antara estetika dan fungsional yang kemudian dileburkan bersama-sama. Si pembuat harus meracik semua bahan secara estetik tetapi juga harus memiliki pesan dan opini yang ingin disampaikan.

Jadi tahapannya sebelum membuat karya, pertama mereka harus merancang konsep terlebih dahulu. Gimana kasus yang mau diangkat, kenapa dan apa tujuannya. Lalu masuk ke tahap eksekusi sesuai konsep yang sudah dirancang tadi.



Nah ini adalah salah satu karya Digital Collage Art yang pernah gue buat. Yap nggak bagus-bagus amat karena gue juga baru kali ini belajar. Kala itu gue lagi suka-sukanya sama lagu Tulus - Gajah.

Bisa dibilang bahwa setiap potongan kolase yang gue gabung itu memiliki arti tersendiri. Disana kepala gajah yang mengeluarkan potongan bunga dari mulutnya yang artinya Tulus adalah sosok yang sering diejek oleh teman-temannya (katanya) namun memiliki suara yang merdu sekali. Kemudian potongan jeruk yang artinya sosok Tulus ini bisa dibilang sebagai penyanyi muda dengan lagu-lagunya yang fresh dan easy listening. Ya pokoknya gitu lah.

Kalian boleh menelaah maksud tujuan dari gambar di atas terus tulis di kolom komentar, ya. Gue mau tau aja gimana kalian menerjemahkan gambar di atas dari perspektif yang mungkin berbeda dari yang gue tulis. Hehehe.

Oke kayaknya segitu dulu. Untuk tutorial pembuatannya mungkin bakalan gue bikin nanti. Karena membuat karya Collage Art ini lumayan susah dan lumayan panjaaaaang step by step-nya. Ya minimal kalian harus tau dasar-dasarnya terlebih dahulu.

Sekian dari gue, kalau ada yang mau ditambahkan boleh kuy tulis di kolom komentar, ya. Salam desainer.

Cheers!


N.b : Arisan blog adalah kegiatan rutin Blogger Banjarmasin khususnya anggota PBB (Pena Blogger Banua) yang dilakukan setiap bulannya. Di mana setiap peserta atau anggota yang ikut, wajib membuat artikel tentang blog atau memasukkan link blog yang terpilih dari arisan blog itu sendiri.

Jangan lupa juga kunjungi Website Karya Anak Banua badangsanak.com yang merupakan produk dari PBB. Baca semua artikel-artikelnya yang akan mengupas tuntas keresahan kids-kids jaman now. Terima kasih.

Sumber:   Pengenalan dasar Collage art by @moostovus #Kelas_BDA

Desainer Grafis yang tidak lulus masuk ITB jurusan DKV. Ingin menjadi penulis tapi tidak gemar menulis apalagi membaca. Kesehariannya penuh dengan deadline. Tolong.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

8 comments

Write comments
Hawadis
Cakep!
September 22, 2017 at 6:38 AM delete

baru kemaren saya ngeliat postingan kepala kebelah kayak gambar di atas dan penasaran ngeditnya gimana dan tekniknya namanya apaan. apakah nanti akan ada tutorialnya secara mendetail kayak sebelum-sebelumnya, Lam? apa udah ada? xD

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
September 22, 2017 at 7:01 PM delete

Soon. Ditunggu aja, Haw. Soalnya lagi banyak kegiatan. Ini aja baru muncul dari hiatus hampir setahun :nangis:

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
September 25, 2017 at 4:36 AM delete

Lu dimana-mana ada terus, Di -_-

Reply
avatar
September 25, 2017 at 9:40 AM delete

Ini mirip-mirip gabungin kayak Double Exposure gitu gak, sih? Tapi ini fotonya lebih banyak gitu dan cuma ditumpuk-tumpuk? Anjis, sotoy. XD

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
September 25, 2017 at 7:21 PM delete

Kalo double exposure lebih kompleks dibagian efek sih. Kalo kolase gak musti ada efek cukup potong tempel tumpuk aja.

Reply
avatar
September 26, 2017 at 8:42 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
September 26, 2017 at 8:44 PM delete

kalo boleh tempelin nama gua di blogrollmu ok (rynaldiramadhan.blogspot.com), nanti di back
gua kan fans sejati loh hehehe
Btw kok blogmu nggak ada iklannya... padahalkan visitornya udah banyak...
udah itu aja

Reply
avatar

Silahkan bebas berkomentar :) promosi blog sendiri sangat dianjurkan! Tapi kalau SPAM gue delete langsung!
Jangan lupa pakai code || :jempol: :capek: :cemen: :ngakak: :cium: :dadah: :jangan: :ketawa: :mangap: :manja: :marah: :matamuter: :metal: :nangis: :ngeden: :ngupil: :kaget: :sokeren: :takut: :tidur: :senyum: :mikir: :joget: :garing: :bijak: :hormat: :melet: :salam: || untuk memakai emoticon muka gue :v Thank you!