MANGAP STORY

4:11:00 PM
Sudah 1/5 tahun lebih aku tidak merasakan dinginnya malam.
Dihentakkan oleh alunan musik setan.
Dijatuhi ribuan rintik air saat awan sedang menangis dikegelapan.
Sembari melepas jenak melupakan kejadian semalam.
Huh.. ternyata susah juga ya membuat pantun.

***

Akhir - akhir ini para pengguna media sosial sedang hangat - hangatnya digemparkan oleh video cadas seorang perempuan berjilbab. Bukan. Bukan video Dijah Yellow yang lagi joget oplosan. Bukan. Cadas sih .. tapi bukan. Sumpah.

Jadi ceritanya kemarin pas gue lagi asik makan siang sambil internetan di kantor. Gue iseng - iseng buka fesbuk. Dan akhirnya mata gue tertuju pada thumb video youtube yang seketika itu membuat gue amat sangat penasaran. Karena gue penasaran akhirnya gue buka aja. Dan terdengarlah ...

JENG JREENG !!!! JTET JTET.. GLEK GLEK !! 'keselek baskom'


Anjir.. Ternyata video cewe main gitar ngecover lagu nya Lamb of God. Itu loh band metal yang main alat musik nya pake besi. 'Itu beda lagi metal nya dukun!'.

Gaess!! Gue sedikit nggak percaya sih waktu itu. Ah.. palingan cuman lipsing.
Eh tapi setelah gue kepo main ke channel youtube nya. Ternyata itu REAL men!. Bukan video cover nya lagu Sulis sama Haddad Alwi. Keren nya lagi si doi masih berumur 15 tahun dan yaps 'berjilbab'.

Subhanallah. Gue aja pas umur segituan cuman bisa lagunya Kangen Band sama Es Teh Dua Gelas.


Meliani Siti Sumartini adalah nama lengkap dari gadis nan alim dan rajin sedekah ini. Dibalik penampilannya yang kalem adem kaya lantai mesjid, ternyata mempunyai selera musik yang Suangar Gela !!. Skill nya sudah tak diragukan lagi untuk cewe seumuran dia.


Gue juga sempat geleng - geleng kepala pas ngeliat video dia ngecover lagunya ABRB - In Dying Days. Sett dah.. ini lagu cadas banget. Gue sering cobain nih lagu. Tapi gagal dan akhirnya jari kelingking gue harus di opname karena divonis terkena serangan jantung.



Meliani juga punya channel lain namanya G&M Guitars. Ceritanya sih duet. Nggak tau sama siapanya dia tapi ini duet yang sangat mengesankan. Gimana ? udah mulai pusing dengerin lagunya ? huahahaa. Bagi kalian yang sukanya dengerin lagu lagu melow atau galau, gue yakin pasti nggak suka sama lagu semacam ini. Tergantung selera masing masing sih :).

Harapan gue semoga Meliani terus mengasah bakat yang sudah Allah berikan kepadanya *mendadak alim*. Dan dapat menjadi inspirasi bagi para metal head di Nasional maupun Internasional terus dilirik sama produser - produser keren. Azeek

You are so fuc'in amazing Mel ! Cepirit !
*tepuktangan*

Ahh gue jadi keinget masa - masa gue pas main band dulu.


'Alah.. anak band dari ALJAZAIR! lo paling bisa nya main kentongan doang mbah'.
Wehh ! Jangan asal ya.. Kentongan itu adalah salah satu budaya bangsa yang harus dilestarikan. Lagian jadi pemain kentongan itu keren. Jam terbang nya buaanyak.
Pas lagi Ramadhan.

Haha nggak lah, gue beneran pernah jadi anak band kok. Bandcong!.
Bisa dibilang udah lumayan lama suka main musik. Itu semua berawal sejak gue menduduki masa SMP. Ehm ehm..

***
Gue punya teman baru pas awal masuk SMP. Sebut saja Ajay. Kebetulan duduknya sebelahan sama gue. Apa ? ng... gak kok .. kami bukan homo sumpah nggakk kok beneraann..


Dia itu kalem tapi asik kalo diajak becanda. Akhirnya gue tanya aja alamat rumahnya. Eh ternyata rumahnya deketan sama rumah gue.

''Jay, besok gue kerumah lo ya"
"Eh ng.. ngapain ?" jawab Ajay dengan muka rada takut. Mungkin dalam hati dia "Wah ini anak baru kenal aja udah mau kerumah gue. Jangan jangan Sales MLM"
. . .
"Mau tau aja bro, kan enak kalo ada perlu bisa nanya nanya ke rumah lo"
"HUAAAAAAAAAAA!!" Ajay pun langsung ngacir ketakutan kemudian mengunci rapat - rapat dompetnya dengan goblok gembok.


Nah disitulah awal mulanya gue berteman akrab dengan Ajay. Hingga akhirnya gue bertemu Sandy yang kebetulan juga 1 kelas dengan kami. Selang beberapa minggu kami sering kumpul dirumah Ajay, ternyata eh ternyata si Sandy itu jago main gitar. Entah pake sempak lobang berapa gue jadi labil gini. Kami bertiga memutuskan untuk membuat sebuah band men!. Padahal gue dan Ajay sama sekali nggak bisa mainin alat musik waktu itu. Pfftt.


Kami bertiga pun fix jadi orang bego pas lagi di studio musik. Gue yang sok - sok an gigitin senar bass. Ajay yang ngemutin stik drum dipojokan. Sandy sih masih mending main gitar lagu nya slank melulu. Tapi gue akhirnya sadar, kita gak boleh begini terus.

*bantingbass*
"Gaes! Kita kita nggak boleh begini terus !!"
"Terus kita harus gimana Lam ?" Ajay dengan muka serius nya
".... ai mis yu bat ai het yuu.." Sandy masih sibuk dengan gitarnya
"Astaghfirullah gue ketiduran tadi"

Ternyata gue ketiduran sangking begonya terus ngigo di dalem studio.


- - -

Singkat cerita setelah kenaikan kelas. Band kami pun agak sedikit tenar di lingkungan sekolah. Terutama di lingkungan ruang BP. Terus entah kenapa ada kaka kelas yang nyamperin kami dan bertanya

"Eh bro band lo perlu personil gak ?" Dengan tampang sok asik
"Oh boleh tuh.. gimana orangnya ? kalo bagus kita rekrut deh buat dijadiin tukang colok kabel"
"Kalo mau nih ada, namanya Wisnu, masih perawan, body nya aduhaii, siap pakai deh pokoknya :3"
"Lo mau nawarin personil apa gigolo cukk!" 

 

Wisnu adalah adik kelas kami, kebetulan dia juga adik kelas gue pas lagi SD. Katanya sih doi jago banget bermain gitar. Kami bertiga pun segera mendatangi kelas Wisnu saat bel istirahat berbunyi. Setelah berbincang bincang sebentar lalu menandatangani kontrak *cieileh* kami pun setuju dan kemudian mengatur jadwal latihan seminggu sekali.


Latihan perdana kami bersama Wisnu berjalan dengan lancar walau ada sedikit perubahan posisi. Jadi ceritanya kami bertiga Gue, Sandy, Ajay sampai duluan di studio tempat kami biasa latihan. Seperti biasa yang kami lakukan setelah masuk ke ruangan yang sangat fenomenal dinginnya seantero dunia per'studio'an itu adalah... 'cengengesan'.


Biasalah orang Indonesia nggak lepas dari kata ngaret kalo diajak janjian. Sekitar kurang lebih 2 menit kami masuk studio, eh si Wisnu sudah nongkrong asik di ruang tunggu. Oke berarti Wisnu nggak jadi ngaret. Sorry Wis. *ciumtangan* dihh

Gue sebagai vokalis, Ajay sebagai Drummer, Sandy sebagai Gitaris, dan Wisnu sebagai Lead Gitaris.
"Ladies and gentleman.. please welcome Sandal Pagat!!!" 
 #nowplaying Good Charlotte - The Anthem.

Baru beberapa bait gue nyanyi eh si Wisnu udah nyetop duluan -_-.

"Eh tunggu tunggu.. lo yakin mau ngedrum ?" tanya Wisnu kepada bapaknya Ajay
"Iya emang kenapa ?" jawab Ajay yang emang nggak banget kalo disuruh ngedrum waktu itu
"Ng... coba kita tukeran bentar" Wisnu langsung menendang bokong Ajay agar dia mau diajak tukeran
"Eh tapi bro.. gue nggak bisa main gitar sumpah !" wajah Ajay mulai merangut
"Sshh.. udah bentar aja" Wisnu memutar stik
"Eh gue nyoba gitar ya" gue nyeletuk, kebetulan gue udah hapal dikit kunci nya

Oke wan.. cuu.. tri.. poo. Duk .. tak.. duduk.. tak. Anjirr ! awalnya gue kira Wisnu cuman bisa main gitar, eh ternyata dia jago juga main drum nya. Dan gue juga bisa main gitar nya. Asli nggak nyangka. Tapi gue agak sedikit gak enak soalnya si Ajay cuman bisa mantengin kami latihan doang waktu itu :(. Setelah latihan selesai, seperti biasa kami ngumpul sambil minum kopi di rumah Ajay. Lagi asik asik minum kopi eh tiba tiba si Sandy nyeletuk

"Gaes !"
"Oiya ada apa san?" Gue kaget, tumben tumbennya Sandy ngomong serius
"Gimana kalo kita patungan beli gitar" Sandy sambil nyeruput segelas kopi
"Woohh ide yang bagus tuh !" Ajay pun membalas nya dengan lantang
"Ngapain beli patung ?" tanya gue

Akhirnya kami memutuskan untuk patungan beli gitar. Itung - itung buat latihan pas lagi nongkrong di rumah Ajay. #tsah Kurang kece apalagi coba nongkrong sambil main gitar ditemani kopi hitam sama Pes 2014. 'Eh Pes 2014 belum ada deng !'


Oke oke lanjut biar nggak kepanjangan baca nya.

Karena kami menyukai musik yang ceria tapi menghentak maka dari itu kami memutuskan untuk berganti genre. Yang awalnya dangdut, kini menjadi Melodic Punk. Kontras banget emang perubahannya, namun kami menyukainya. Akhirnya kami bisa merasakan main di panggung dan ditonton puluhan orang berkat ajakan band temen yang kebetulan satu sekolah dengan kami.

Bermain musik di local scene membuat kami sadar bahwa main musik itu bukan hal yang mudah dan bisa langsung terkenal. Kita harus merasakan sakitnya manggung di stage stage tapi harus membayar. Yap membayar. Itu juga belum tentu ada yang nonton. Kami aja setiap kali manggung pasti ada aja halangan nya. Mulai dari kehujanan pas otewe ke lokasi, alhasil main dengan baju dan sempak yang basah. Terus sound nya lah yang bermasalah. Alat musiknya lah yang kurang. Putus senar gitar lah. Putus pacar lah. Ng.... Sakittt.

Ah sudah lah tapi gue dan temen gue sangat puas kalo sehabis naik panggung. Rasanya itu kayak bisul diketek tiba - tiba pecah. Sakit tapi lega~.

#nowplaying Abg Tua

Hingga akhirnya kami pun beranjak naik level ke SMA. Sayangnya gue, Ajay, dan Sandy masuk di SMA yang berbeda. Kalo gue SMK. Tapi itu tidak membuat kami susah untuk bertemu. Kami selalu sempatkan ke markas (rumah Ajay) sehabis pulang sekolah. Sembari melepas penat sambil meminum secangkir kopi. Kadang juga saling curhat soal cinta yang ujung ujung nya saling membully. Kami sangat kompak waktu itu.

- - -

Seperti saat awal masuk SMP, di SMK gue juga bertemu dengan seseorang yang sampai saat ini menjadi salah satu Sahabat Sohib gue. Bimo. Bimo memiliki wajah yang agak tampan sedikit dibanding gue. Dan juga memiliki tinggi yang beda beberapa cm dari gue. Oiya satu lagi, dia memiliki warna kulit yang kontras (banget) dengan gue.


Akhirnya gue ngenalin Bimo dengan Sandy, Ajay, dan Wisnu. Gue inget banget pas mereka pertama kali bertemu. Bimo yang sok jaim diem sambil mencet - mencetin hp. Pokoknya ketus deh haha berbeda sama sekarang. Baru saling liat aja dalam radius 200 meter mereka udah pada gila joget joget bang jali.

Kalau ngomongin kelakuan dia pas di kelas udah gausah dibayangin. Dia manusia yang paling gokil menurut gue. Kami juga sempat magang ke luar pulau bareng, tepatnya di Surabaya. Kalau mau ceritanya bisa diintip DISINI. Kebetulan Bimo juga punya blog yang dia bikin barengan sama gue.

- - -


Dayat memiliki suara yang paling tinggi diantara kami berlima kalo soal nyanyi. Dari situ lah kami sering menjuluki nya 'suara vokal 3'. Dia adalah teman Ajay sewaktu SD. Gue bertemu Dayat pas kami sedang latihan musik bareng se sekolahan.

Sebelumnya Dayat memiliki band juga yang bergenre sama seperti kami, namun dia menyatakan keluar dari band nya lalu kemudian membuat band baru yang bergenre cadas. Gue nggak tau soal band cadas nya itu, lama kelamaan dia jadi sering kumpul di markas kami. Kebetulan juga rumahnya deket banget sama rumah Ajay.

Kami ber 6 sudah seperti keluarga. Walau pun nggak jarang ada cek cok sepele diantara kami. Tapi yang namanya keluarga pasti bakalan baikan lagi.

Asek Asekk Josss!!

Wah udah panjang banget ya -__- kalo diceritain semua mungkin scroll bar kalian tipis nya bakalan jadi segini (-)

#nowplaying Sakitnya tuh disini

Seiring berjalannya waktu kami akhirnya terpisah - pisah karena harus melanjutkan kuliah. Bimo ke Bandung, Dayat ke Solo, dan Sandy ke .. San, lu kemana gue lupaa ??!!!
Oiya Sandy ke Jogja. Gue, Ajay, dan Wisnu masih menetap di Banjarmasin tapi ya begitulah, kami memiliki kesibukan masing - masing. Sehingga untuk sementara kami menyatakan vakum cleaner dari dunia per'band'an. Gue masih punya keinginan untuk kedepannya semoga kami bisa berkumpul lagi seperti dahulu. Main band lagi, gila gilaan lagi, bikin lagu bareng lagi. *tisumanatisu


Ngomong - ngomong soal lagu, kami juga sempat rekaman perdana sebelum berpisah. Lagu ini diciptain sama Bimo lalu kemudian diaransemen ulang. Bisa didenger DISINI.

Untuk lagunya gausah di komen yaa.. pliss. Itu lagu cuman 1 kali take dan wajar kalo suaranya agak kerendem. Soalnya kami lagi sakit tenggorokan masal. 'Alaah alesan !' Hahaa. Dan ini adalah video kami saat main di salah satu stage. Ini juga adalah panggung terakhir kami sebelum akhirnya mencar - mencar. Dan seperti apa yang gue bilang sebelumnya, disetiap kami manggung itu pasti ada aja halangannya.


Hujan -____-''.

Oke hope you enjoy my story (:. Gue juga mau ngumumin kalo di kolom komentar kalian bisa menggunakan code :jempol: :capek: :cemen: :cengengesan: :cium: :dadah: :jangan: :ketawa: :mangap: :manja: :marah: :matamuter: :metal: :mikir: :nangis: :ngeden: :ngupil: :kaget: :sokeren: :takut: :tidur: :senyum: untuk tampilkan ekspresi kalian.

Cheers!!!!

Seniman yang tidak lulus masuk kuliah jurusan DKV.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

37 komentar

Write komentar
Yoga Akbar S.
Cakep!
1/17/2015 7:50 PM delete

Ciyeee anak band. Gue cuma bisa main suling. Nggak ada yang nerima. :(
Gue juga pernah, Lam. Nge-band. Sok-sokan jadi vokalis yang scream growl. Eh, tenggorokan gue rusak. :D
Pengalaman SMP-SMK emang seru kalo diinget-inget lagi. :)

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
1/17/2015 8:25 PM delete

ada kok.. band band kondangan pasti mau nerima elu :cengengesan:
wahaha serem amat ampe rusak :kaget:
iya yog seru abis dah !!! :metal:

Reply
avatar
Anonymous
Cakep!
1/18/2015 2:23 AM delete

Salam anak band, hahahahaha.
Gue juga anak band, tapi dulu pas masih sekolah.
Sandal Pagat alias Sandal Putus. Hahahaha, sukses, broooh!!

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
1/18/2015 10:15 AM delete

sukses paan orangnya pada mencar mencar wkwkkw :ngupil:

Reply
avatar
1/18/2015 11:36 AM delete

Waaah. Main di SMAVEN! Kaganangan banar nah ulun lawan sekolah. Haha. Senannya iseng2 blogwalking tetamu urang banua.

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
1/18/2015 11:46 AM delete

pian alumni sana kah ? hahaha :kaget:

Reply
avatar
Unknown
Cakep!
1/18/2015 9:01 PM delete

Dulu gua juga anak band pas SMK, jadi vokalis. Dan sekarang gua sadar kenapa band gua gak terkenal, ternyata suara parah abiss, kayak bunyi kentut yang fals. :(

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
1/18/2015 9:09 PM delete

kita senasib bro :( cabal eaaa :nangis:

Reply
avatar
Unknown
Cakep!
1/19/2015 12:03 AM delete

Buset dah gue bacanya ampe abis susu segelas. Jarang-jarang nih gue ngebaca postingan panjang. Cerita lo emang bikin nagih Riz! :senyum:
Cie vokalis ciee. Gue juga pas dari smp suka ngeband. Tampal band.
Sayang ya bandnya jadi bubar gara-gara kuliah. :nangis:

Reply
avatar
1/19/2015 2:49 AM delete

Wuihh anak band~ ciee cieee~ :ngupil:

eniwei, titip salam ya buat Bimo :manja:

:cengengesan: :ketawa:

*terbang*

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
1/19/2015 12:48 PM delete

Band..cong ! :manja:
hooh wa'alaikumsalam katanya :ngupil:

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
1/19/2015 2:13 PM delete

sett dah cerita garing gini bisa bikin nagih :ngupil: wkwk
ciee tanggung banget namanya, kenapa nggak Tambal band aja ? :cengengesan:
nggak bubar sih sebenernya.. cuman vakum :sokeren:

Reply
avatar
Unknown
Cakep!
1/19/2015 3:07 PM delete

Cara bekerja otak tak normal lo lewat tulisan emang nggak ada matinya Riz :ngeden:
Emang itu maksud gue. Typo! (Eh huruf B ke P jauh ya di keyboard) :cengengesan:
Bagus deh. Seenggaknya gue tahu ada yang bisa diundang ngisi acara di pemakaman sapi. :manja:

Reply
avatar
1/19/2015 7:49 PM delete

Iih nih alumni 2012. Dilihat dari foto2nya pina makin keren pang bebuhan smaven, nih, meulah acara. Haha.

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
1/19/2015 9:23 PM delete

terakhir aku main tuh yang di video dasar kaya panggung bujuran pang haha, maksudnya kaya di tv" keren deh ! :jempol:

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
1/19/2015 9:28 PM delete

ah bisa aja lu, upil unta :manja:
makanya pake kaca mata fish eye biar lebih fokus :jempol:
Anjjj.. astaghfirullah -_-

Reply
avatar
1/19/2015 9:43 PM delete

Anak band lo lam, pantesan mirip gitar :ketawa: (kiding )
ngapa nga nge band lagi aja :jempol:

Reply
avatar
Unknown
Cakep!
1/19/2015 10:09 PM delete

Ebuset gue dikatain upil unta. Ingus capug lo. :ngupil:
Yaelaaahh :ketawa:

Reply
avatar
Unknown
Cakep!
1/19/2015 10:11 PM delete

CAPUNG DENG CAPUNG. Yaelah ngeledek malah typo. Dosa gue ngeledek siluman tapir. :takut:

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
1/20/2015 8:15 AM delete

yaelah pake typo segala musuh ultramen :tidur:

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
1/20/2015 8:18 AM delete

kami lagi ldran bro :matamuter:

Reply
avatar
sam
Cakep!
1/20/2015 11:53 AM delete

Sandal Pagat itu kalo di Bali artinya sandal putus. Knp nama bandnya sandal putus? Pantesan kan putus kalian :matamuter:

Eh gue keduluan elu pake emot kaya gini, punya gue masih progress belom di publish :nangis: nanti kalo gue publish jangan sangka gue plagiat yaaaak :takut:

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
1/20/2015 12:19 PM delete

sama di banjar juga artinya gitu, kalo ngomongin filosifi mah emang ga ada artinya wkwk kami dulunya cuman iseng iseng doang bikin band , biar kecehh :metal:
gue juga awalnya ikut ikutan blog nya bang bena bikin emot kek gini :ketawa: haha gapapa asal jangan muka gue yg dijadiin emot yak !!!

Reply
avatar
1/20/2015 9:22 PM delete

gue pernah nge-band *lebih tepatnya cuma diajakin waktu SD... temen2 gue pada demen musik semua :D

Reply
avatar
Iilajah
Cakep!
1/20/2015 11:56 PM delete

saya seneng liat giftnya hahaha lucu,, mau nyobain doang ah,, hihihi
:ngupil: :dadah:

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
1/21/2015 10:32 AM delete

wah keren SD udah main band :metal:

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
1/21/2015 10:32 AM delete

monggo :cengengesan:

Reply
avatar
andi muflih
Cakep!
1/21/2015 7:01 PM delete

sangar bro... lanjutkan

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
1/21/2015 8:05 PM delete

siapa yang sangar bro ? :matamuter:

Reply
avatar
Unknown
Cakep!
1/23/2015 1:51 PM delete

Sandal Pagat.. Singkatanya sih keren SP.. Kirain Simple Plan.. :D

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
1/23/2015 2:45 PM delete

pengennya sih namanya gitu cuman udah di HAKI duluan sama simple plan :bijak:

Reply
avatar
1/24/2015 12:09 AM delete

alhamdulillah... semoga banjar banyak acara2 keren lainnya!

Reply
avatar
Unknown
Cakep!
1/24/2015 2:42 PM delete

waah keren umz jadi vokalis band tapi sayang ya malah vakum hehe

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
1/24/2015 5:06 PM delete

saya mah tukang colokin kabel mba bukan vokalis :manja:

Reply
avatar
Unknown
Cakep!
2/16/2015 2:25 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
Unknown
Cakep!
2/16/2015 2:31 AM delete

anjirrr .. sampe mules gua bacanya :ngeden:
bisa banget lu hidung tapir baru di sunat :cengengesan: :cium:

Reply
avatar
Rizqi Alam
Cakep!
2/16/2015 7:57 AM delete

ternyata kita lucu san :manja:

Reply
avatar

Silahkan bebas berkomentar :) promosi blog sendiri sangat dianjurkan! Tapi kalau SPAM gue delete langsung!
Jangan lupa pakai code || :jempol: :capek: :cemen: :ngakak: :cium: :dadah: :jangan: :ketawa: :mangap: :manja: :marah: :matamuter: :metal: :nangis: :ngeden: :ngupil: :kaget: :sokeren: :takut: :tidur: :senyum: :mikir: :joget: :garing: :bijak: :hormat: :melet: :salam: || untuk memakai emoticon muka gue :v Thank you!