Membuat Efek Long Shadow Menggunakan CorelDRAW

8:38:00 PM 12

Hey gaes.. Dalam tutorial kali ini gue bakalan kasih tutorial CorelDraw untuk pertama kalinya haha. Membuat efek long shadow di CorelDraw, oke .. efek yang lumayan marak ini menjadi favorit para desainer untuk mengapresiasikan hasil desainnya termasuk gue. Nah bagi kamu yang mungkin belum tau gimana sih cara membuatnya ? Nih mbah alam kasih tau, caranya sangat mudah.. tinggal nyiapin sesajen, terus berdoa sama mbah minta keselamatan.. oke abaikan
- - - - - - - - - - - -
Caranya sangat mudah gaes.. ikuti step step berikut !

Pertama jalankan software CorelDraw, bukan Paint!

Lalu tulislah kata atau shape atau apalah yang ingin kamu kasih efek long shadow ini


Kemudian pilih Rectangle tool (F6) yang ada di Toolbox, buat persegi sebagai background nantinya



Fokus ke tulisan tadi kemudian pilih menu Effect yang ada di menubar kemudian pilih Extrude. Nanti bakalan muncul jendela baru namanya Docker Extrude yang letaknya disebelah kanan pada area kerja kalian, seperti ini..



Atur Docker Extrude seperti gambar diatas ini, jangan di Apply dulu yaa..

Tarik tanda yang berwarna merah dibawah ini untuk menentukan arah shadow / bayangan


Nah kalo sudah boleh di Apply gaes..

Untuk memisahkan antara tulisan tadi dengan shadownya, kamu bisa lakukan Break Extrude Group Apart atau dengan ngeklik Ctrl + K, lalu klik pada shape shadownya itu kemudian Ungroup atau Ctrl+U kemudian di Weld agar tergabung menjadi satu... saling mencintaa (settttdah jadi anang asanti)


Naah sekarang kamu sudah dapetin shape shadow nya.

Langkah selanjutnya adalah menyeleksi shadow dengan kotak yang sudah dibikin tadi ( nyeleksinya klik gambar shadow - tekan shift - klik kotak background ) kemudian Intersect. Pola shadow akan mengikuti sisi kotak tersebut.. Tinggal dikasih warna gaes terserah kalian mau warna apa tetapi warna shadow nya harus yang lebih gelap daripada backgroundnya yaaa..




Untuk tutorial versi videonya, kalian bisa langsung tonton video Youtube gue di bawah ini. :)


Jangan lupa di-Subscribe yaaa. :D

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Cheers!

Fungsi Tools dan Area Kerja Pada CorelDRAW

6:56:00 PM 6

Buat teman teman yang ingin belajar desain grafis ada baiknya kalian tau, apa saja software pembuat desain grafis. Salah satunya adalah software pembuat grafis vektor yaitu CorelDraw.
CorelDraw adalah software pembuat grafis berbasis vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Program ini biasa digunakan untuk proses visualisasi dalam bidang publikasi atau percetakan.

Berikut adalah gambar area kerja CorelDraw


Penjelasan dan Fungsi :

Toolbox
Toolbox adalah bagian dari area CorelDraw (biasanya disisi kiri) yang menyimpan berbagai Tools untuk menggambar memodifikasi objek, memberi warna dll.

Menu Bar
Menu Bar adalah sederetan tombol perintah yang memiliki fungsi berbeda - beda. Ada 12 menu yang terdapat pada Menu Bar yaitu : File, Edit, View, Layout, Arrange, Effect, Bitmaps, Text, Table, Tools, Window dan Help.

Toolbar
Toolbar adalah sederetan tombol shortcut untuk menjalankan perintah dengan cepat. Secara default / standar, Toolbar terletak dibawah Menu bar.

Drawing Window
Drawing Window adalah area berwarna putih yang berada di luar Drawing Page atau Kanvas Kerja, dibatasi oleh Scroll Bars disisi kanan bawah.

Property Bar
Property Bar adalah tombol - tombol yang memiliki fungsi tersendiri dan menyesuaikan diri dengan tool yang kamu pilih dalam Tool Box.

Rulers

Rulers adalah sebuah alat pengukur (penggaris) yang biasa terletak di sudut atas dan kiri pada drawing page, berfungsi untuk menunjukkan posisi dan ukuran objek yang kamu pilih.

Document Navigator
Document Navigator adalah tombol perintah yang berfungsi untuk menambah halaman. Terletak di sudut kiri bawah Drawing Window.

Drawing Page
Drawing Page adalah area kerja utama pada CorelDraw yang terletak di tengah - tengah Drawing Window seperti bingkai.

Status Bar
Status Bar adalah bagian yang berisi informasi mengenai objek (teks) seperti ukuran, bentuk, format, warna, outline, gambar, jenis huruf beserta ukurannya.

Color Palette
Color Palette adalah kumpulan warna yang biasa terletak di bagian kanan area kerja.

Itu tadi adalah penjelasan dan fungsi widow - window yang ada pada area kerja CorelDraw, sudah paham kan gaes ? Nah supaya lebih lengkap, gue bakalan ngasih penjelasan Tools pada Toolbox, yaitu jendela yang sering kita gunakan pada saat membuat suatu desain grafis.








Semoga bermanfaat bagi kawan - kawan yang ingin mempelajari software desan grafis ini. Selamat mencoba kawan.. Cheers !

Pengertian Vektor dan Raster

7:54:00 PM 5

Vektor dan raster/bitmap adalah suatu gambar yang memiliki sifat, format, ukuran yang berbeda dalam ruang lingkup desain grafis. Nah buat kalian nih para desainer muda hukumnya wajib, kudu, harus untuk mengetahui apasih itu vektor dan raster ?

Membuat Teknik Dodge dan Burn Pada Foto Dengan Mudah Menggunakan Adobe Photoshop

4:45:00 AM 1

Hallo gaes, dalam tutorial kali ini gue bakalan kasih tips dan trik membuat teknik Dodge dan Burn pada foto dengan mudah menggunakan Adobe Photoshop. Dodge dan Burn adalah salah satu tools pada tool bar yang ada pada Adobe Photoshop.. nih gambarnya kalo belum tau

Berkas - Berkas Yang Lama 'Terpendam'

6:02:00 AM 0

HALOO fellas,  apa kabar gue ?!
kampret ini blog ga pernah posting lagi -__- gue sering ga mood lagi kalo nulis akhir akhir ini soalnya bingung dan juga yang bikin males itu adalah karena gue sering mules pas mau nulis makanya gue males. *Intinya gue sibuk aja...

Tercatat sejak tahun 2012 gaes, tunggu ? 2012 ??!!
Kesian banget nih blog udah kegantung 2 tahun lamanya :” tetap setia sama gue :’) *meluktangtop* *laptopmaksudnya*  muuf ea blog